Cara Registrasi Akun Google Scholar Versi Indonesia

Sunday, June 30th, 2019 - TIPS DAN CARA
Loading...

Cara Registrasi Akun Google Scholar Versi Indonesia – Google Scholar atau Google Cendekia merupakan mesin pencari karya ilmiah yang bersifat publik. Selain sebagai mesin pencari google scholar juga digunakan sebagai bahan rujukan dalam mencari karya ilmiah atau sitasi dan menjadi tolak ukur prestasi seorang ilmuwan dengan hasil karya ilmiahnya.

Terlebih lagi salah satu portal sinta yang merupakan buatan Menristekdikti sebagai alat indeks karya ilmiah, sekarang mempertimbangkan Google Scholar selain dari pada Scopus, Jadi pastikan anda melakukan registrasi google scholar untuk mengupload seluruh karya ilmiah ke dalam google cendekia.

Alat indeks artikel ilmiah milik Menristekdikti yang bernama Sinta (Science and Technology Index) dibuat pada tahun 2017, yang pada waktu itu sebagai satu-satunya mesin pencari karya Ilmiah yang khusus dimiliki Indonesia, karya ilmiah yang bisa didapatkan diantaranya seperti buku, artikel seminar, jurnal ilmiah dan semacamnya.

Namun sayangnya banyak para dosen ataupun ilmuwan di Indonesia masih belum memiliki akun Google Scholar, padahal dalam melakukan registrasi tidak membutuhkan waktu yang lama. Maka dari itu perlu sekali pemerintah menyarankan untuk melakukan registasi atau daftar ke akun google scholar agar ilmuwan kita dikenal oleh dunia.

Cara Registrasi Akun Google Scholar Versi Indonesia

Persiapan Mendaftar Google Scholar

Sebelum kita membuat akun atau registrasi google scholar sebaiknya kita telah menyiapkan email yang telah diverifikasi dengan ekstensi ac.id, bisa juga or.id, atau .org. Hal ini menjadi syarat utama agar registrasi akun google cendekia dapat diterima, jika anda belum memilikinya silahkan untuk mengajukan pembuatan alamat email ke instansi anda.

Cara Daftar Akun Google Scholar Versi Indonesia

Jika anda sudah memiliki akun email yang berekstensi ac.id, or.id atau .org silahkan ikuti cara daftar google cendekia berikut ini (selain email yang disebutkan tidak dapat digunakan untuk registrasi).

1. Silahkan anda kunjungi ke halaman Google Scholar di https://scholar.google.co.id/

  • Jika anda sudah login email menggunakan akun ac.id anda akan diarahkan ke menu google cendekia atau google scholar.

2. Silahkan anda klik Masuk atau Login dibagian kanan atas.

  • Jika anda belum pernah mendaftar silahkan klik pada Create an Account untuk melakukan pendaftaran

3. Kemudian isi data profil anda dengan lengkap dan benar.

Lengkapi data diri anda secara lengkap sesuai dengan menu, seperti nama lengkap, instansi, email, bidang keilmuan, dan alamat website jika punya.

4. Berikutnya kita akan menambahkan artikel.

Untuk menambahkan jurnal ilmiah ke dalam google scholar silahkan untuk menggunakan secara manual atau secara otomatis, dan klik satu persatu artikel yang telah dipublis di internet.

5. Berikutnya klik Make Public

Jangan gunakan opsi otomatis yang dapat membuat artikel orang lain masuk ke akun anda, karena google scholar akan mengelompokkan kepemilikan karya ilmiah berdasarkan nama pengarang jadi berhati-hatilah agar orang lain tidak mengclaime anda. Dalam hal ini kami menyarankan kepada anda agar menggunakan opsi manual.

Nah itu saja cara membuat atau daftar akun google scholar setelah anda melakukan registrasi di akun google scholar anda sekarang dapat melakukan editing karya ilmiah pastikan seperlunya saja yaitu dengan menekan tombol yang telah ada. Selain itu juga dapat menambah artikel, menghapus artikel, mengedit artikel ataupun mengubah profil akun google scholar anda.

Loading...